Senin, 14 April 2014

Rubber Bearing Pad ( Bantalan Karet )

Rubber Bearing Pad dalam Konstruksi Jembatan

Penggunaan akan Rubber Bearing Pad (Elastomeric Bearing Pad) merupakan keharusan dalam bidang konstruksi jembatan.
Fungsi Elastomeric Bearing Pads adalah sebagai penerus beban bangunan atas jembatan ke bagian bawah jembatan disamping juga meredam gerak rotasi jembatan yang disebabkan antara lain :

Elastomeric Bearing Pads


-Perubahan suhu (seragam dan perbedaan suhu) 
-Penyusutan beton deck slab 
-Pergerakan tetap (beban mati dan beban mati tambahan) 
-Pergerakan variabel - terutama beban lalu lintas 
-beban vertikal jembatan
-beban horisontal jembatan
Pergerakan jembatan  dapat berupa gerakan permanen ( irreversible ) atau gerakan transient ( reversible ) .
Umumnya , struktur jembatan akan memutar terhadap sumbu longitudinal dan transversal pada dukungan dan rotasi hal ini harus diantisipasi dengan Elastomeric Bearing Pads.
Rubber Bearing Pads harus dirancang untuk dapat meredam gerakan tersebut 
(dalam hal desain pada struktur juga harus diperhatikan ) . 
Dalam beberapa kasus ,ada juga rotasi pada sumbu vertikal 
(terkait dengan desain lentur struktur ) tetapi hal ini biasanya terjadi jarang sekali.

Perpindahan horizontal pada dukungan muncul baik dari perubahan keseluruhan panjang dari struktur dan karena lentur pada bidang vertikal (karena sumbu pusat massa berada di atas level support ) . 
Karena itu perlu untuk menahan kekuatan horizontal pada setidaknya satu posisi , biasanya untuk melakukannya dengan mencegah perpindahan horizontal pada posisi itu ; ini berarti bahwa perpindahan horizontal pada posisi lain disebabkan oleh ekspansi / kontraksi panjang dari bantalan tetap dan ke ( vectorial ) jumlah pergerakan karena rotasi lentur.


Elastomeric Bearing Pad terbuat dari Karet Alam maupun Sintetis (Neoprene Bearing pad) yang diperkuat lapisan baja didalamnya dan divulkanisat dalam waktu dan suhu tertentu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar